Daftar Tempat Wisata di Temanggung Terbaru dan Terpopuler

Bagi Anda masyarakat Temanggung ataupun bukan, saat menjelang libur panjang seperti sekarang ini, pasti Anda membutuhkan daftar tempat wisata di Temanggung terlengkap. Daftar tempat wisata tersebut bisa menjadi referensi Anda agar tidak merasa kebingungan.

Rekomendasi tempat wisata kerap kali dibutuhkan oleh setiap orang. Hal tersebut karena saat menjelang hari libur, tidak jarang masyarakat akan bingung menentukan destinasi wisata mana yang hendak dikunjungi. Artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung

Kabupaten Temanggung merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini terkenal sebagai penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Banyaknya tanaman tembakau karena Temanggung terletak di daerah pegunungan.

Selain tembakau, kabupaten ini juga merupakan penghasil kopi robusta dan arabika. Terkenal akan pertanian kopinya, Temanggung bahkan dinobatkan sebagai daerah yang dapat menghasilkan kopi terbesar di Jawa Tengah.

Letaknya yang dikelilingi oleh pegunungan juga membuat Temanggung memiliki beragam sektor wisata terutama wisata alam. Berikut ini beberapa destinasi wisata Temanggung yang sayang jika Anda lewatkan.

1.   Wisata Alam Posong

Terletak di ketinggian sekitar 1.823 mdpl, tempat wisata di Temanggung ini menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Selain itu, Anda yang berwisata ke lokasi ini juga dapat menikmati segarnya udara pegunungan yang sangat sejuk dan segar.

Saat cuaca cerah, Anda yang berlibur di lokasi ini bahkan bisa menikmati indahnya Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Anda yang berlibur di wisata alam Posong pastinya akan mendapatkan banyak koleksi foto instagenic.

Selain pemandangan yang ciamik, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas menarik mulai dari spot foto, area outbound, hingga area untuk berkemah. Anda juga bisa menikmati permainan menegangkan seperti flying fox, hiking, hingga trekking.

  • Alamat : Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : Setiap hari jam 04.00 – 16.30 WIB
  • HTM : Rp 20.000

2.   Jumprit

Jika Anda penggila sejarah atau penikmat wisata edukasi yang kental akan nuansa spiritual, Anda bisa mengunjungi wisata Jumprit yang terletak di Temanggung, Jawa Tengah. Lokasi wisata ini merupakan bukti sejarah kekalahan Kerajaan Majapahit.

Lokasi tersebut dinamakan Jumprit karena menurut sejarahnya, seseorang bernama Ki Jumprit pernah mandi di sekitar makam Pangeran Singonegoro saat dirinya terkena penyakit parah hingga sembuh. Pangeran Singonegoro sendiri merupakan penyebar agama Hindu saat itu.

Mata air yang digunakan mandi oleh Ki Jumprit saat ini masih ada dan bisa Anda nikmati. Konon, mandi di lokasi tersebut dapat membuang sial. Selain itu, di lokasi tersebut juga terdapat fasilitas berupa toilet serta mushola hingga arena ATV yang bisa Anda nikmati.

  • Alamat : Lereng Gunung Sindoro, Desa Tegalrejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : Setiap hari dari pagi hingga sore hari.
  • HTM : Rp 5.000 belum termasuk tiket parkir.

3.   Gunung Sindoro

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung terpopuler di Jawa Tengah. Gunung berapi ini tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung dengan Temanggung menjadi wilayah terdekat.

Gunung dengan puncak tertinggi sekitar 3.136 mdpl ini menawarkan pemandangan indah salah satunya yaitu pemandangan menawan dari Gunung Prau. Di gunung ini juga Anda dapat menyaksikan indahnya bunga edelweiss yang merupakan bunga keabadian.

Meski menawarkan pemandangan yang luar biasa, jalur pendakian melalui Kledung menuju puncak Sindoro cukup mudah untuk Anda lalui. Selain itu, Sindoro juga telah dilengkapi dengan fasilitas pelengkap seperti toilet, mushola, warung makan, warung logistik, hingga area parkir.

  • Alamat : Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : Setiap hari jam 06.00 – 24.00 WIB.
  • HTM : Rp 20.000 dengan tiket parkir motor sebesar Rp 10.000 dan tiket parkir mobil sebesar Rp 20.000

4.   Embung Kledung

Embung Kledung merupakan salah satu waduk buatan berukuran sekitar 85 meter yang terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Seperti waduk pada umumnya, embung ini tentu memiliki fungsi sebagai sumber perairan untuk lahan-lahan warga.

Meski merupakan waduk buatan yang awalnya hanya kebun tembakau, embung ini ternyata tetap menyuguhkan pemandangan luar biasa. Bahkan jika beruntung, Anda bisa menyaksikan prosesi matahari terbit di lokasi tersebut.

Pihak pengelola telah menyediakan toilet serta mushola di area wisata. Selain itu, Anda juga bisa kolam pemancingan, spot foto menarik, rumah pohon, hingga ayunan untuk bersantai. Anda juga dapat menyaksikan hamparan perkebunan kentang hingga tomat.

  • Alamat : Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp 7.000 – Rp 15.000

5.   Curug Lawe

Jika Anda ingin menikmati segarnya air, Anda bisa mengunjungi wisata alam Curug Lawe. Curug Lawe sendiri merupakan salah satu curug yang terkenal di Temanggung. Wisata Jawa Tengah ini dinamakan Lawe karena air terjunnya yang berbentuk seperti lawe atau benang-benang halus.

Sesuai dengan namanya, air terjun di lokasi ini terlihat seperti benang-benang putih halus yang berjatuhan. Di lokasi ini juga terdapat sumber air panas yang tentunya bisa Anda nikmati. Sambil menikmati air, Anda juga bisa memetik buah candul yang bebas Anda nikmati di sekitar lokasi.

Selain suasana dan bentangan alam yang menenangkan, tempat wisata di Temanggung ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Di lokasi ini sudah tersedia toilet, warung makanan, tempat untuk beristirahat, serta area parkir kendaraan.

  • Alamat : Desa Mancar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp 5.000

6.   Embung Tlogopucang

Jika membahas destinasi wisata terbaru dan terpopuler di Kabupaten Temanggung, maka Anda tidak boleh melupakan embung Tlogopucang. Destinasi wisata alam yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun sahabat.

Meski merupakan destinasi wisata alam, lokasi ini telah dilengkapi dengan spot-spot foto menarik yang memanfaatkan bentangan alam instagenic. Anda dapat menghasilkan berbagai foto menarik terutama saat sore karena akan muncul pemandangan matahari terbenam.

Selain spot foto menarik, di lokasi ini juga telah disediakan toilet dan mushola. Selain itu, terdapat juga warung makanan serta gazebo untuk Anda bersantai. Jika Anda hendak menginap, Anda bisa berkemah dengan mendirikan tenda di camping area yang telah disediakan.

  • Alamat : Kandangan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp 3000 dengan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000

7.   Curug Surodipo

Jika Anda mencari suasana yang damai dan menenangkan di tengah hiruk pikuk perkotaan, maka Anda bisa mengunjungi wisata dengan bentangan alam asri dan alami. Jika Anda berada di Temanggung, Anda bisa mengunjungi Curug Surodipo.

Karena masih jarang dikunjungi, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 100 meter ini menawarkan pesona alam yang luar biasa. Selain bentangan alam yang ciamik, di lokasi ini juga Anda bisa menikmati udara segar khas pedesaan.

Meski belum banyak terjamah, tapi fasilitas di lokasi wisata ini sudah cukup lengkap. Anda bisa menemukan berbagai spot foto menarik hingga taman bunga. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di dalam gazebo sambil menikmati makanan dari warung-warung yang disediakan.

  • Alamat : Tawangsari, Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
  • Buka : 08.00 – 16.00 WIB.
  • HTM : Rp 5.000 belum termasuk biaya parkir.

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Temanggung yang telah dipaparkan di atas merupakan destinasi wisata terbaru dan terpopuler di wilayah tersebut. Daftar destinasi wisata di atas bisa Anda jadikan referensi tujuan berlibur Anda selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *